News Update
Loading...

Sharing Strategi Customer Retention Untuk Milenial

PENTING WAJIB DIPAHAMI

sobat, #millennialantibokek pernah denger yang namanya Customer Retention gak sih???

Yes, Customer Retention yang Perannya Sangat Penting dalam Marketing Bisnis. Sebagai pelaku Bisnis Offline maupun Online, Saat ini perlu memiliki satu strategi marketing yang paling efektif.

Strategi tersebut adalah Customer Retention,
Kita sering menjumpai, bahwa banyak perusahaan menghabiskan sebagian besar waktu, energi, dan sumber daya mereka untuk mengejar akuisisi pelanggan baru, dengan mengalokasikan lebih dari 75% anggaran pemasaran untuk mendapatkan pelanggan baru tersebut, yang belum tentu memberikan kontribusi profit lebih baik.

Menjadi pertanyaan kita adalah, apa yang dikejar?

  1. Kuantitas pelanggan?
  2. Kualitas pelanggan?
jawabannya bisa sangat tergantung bagaimana cara kita memandang retensi dan nilai pelanggan.ini saatnya Kita melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Customer retention bukan hanya bertujuan untuk mempertahankan customer dalam jangka waktu lama, sehingga mereka akan semakin sering berbelanja produk Kita. Tetapi, hal yang lebih penting adalah mempertahankan para customer yang sudah loyal, daripada terus menerus mencari customer baru.

Kenapa perlu Menerapkan Customer Retentation ??
Coba lihat Gambar ini

Customer Retention

Yes, Customer retention memerlukan biaya marketing yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan strategi acquisition (mencari Pelanggan Baru) Lihat contoh Gambar diatas ?

Tips Marketing murah yang siapapun Pasti Lihat dan Tetap Laku dengan Konsumen Loyalnya.
Di samping itu, customer yang berhasil dipertahankan akan dengan senang hati merekomendasikan produk Kita kepada orang-orang lain untuk Mencobanya. Dengan meningkatkan customer retention rate sebesar 5% (dengan Membuat VendingMachine, Perusahan Cola Diatas bisa meningkatkan profit sebanyak 25% sampai 95%.

Naah Setelah Kita Tahu Betapa Pentingnya Retentation Customer ( pemeliharaan Hubungan Produk dengan Customer ) Ada 3 Metode yang Bisa Kita Terapkan adalah sebagai berikut :
  1. #1. Customer Experience
    - Kenali Pelanggan Anda dengan Baik
    - Sediakan Kemudahan Akses bagi Pelanggan
    - Berikan Layanan Tambahan
    - Izinkan Pelanggan Memberikan Feedback
    - Intens Melakukan Interaksi dengan Pelanggan
    - Menawarkan Reward
    - Memberikan Pelayanan yang Cepat
  2. #2. FollowUp
    - Jangan mengejar Pelanggan seperti Anda menagih hutang.
    - Akhiri negosiasi dengan komitmen Pelanggan
    - Perhatikan Timing FollowUp
    - Persiapkan Skrip FollowUp
  3. #3. tools
    merupakan sistem yang digunakan untuk menjalankan fungsi customer retention. Contohnya :
    - Dorong Penjualan lebih dekat menggunakan Whatsapp.
    - Gunakan fitur live chat untuk berkomunikasi.
    - Berkomunikasi / berbagi melalui Fitur Live Socmed.
Dengan menerapkan Strategi Customer Retention yang tepat, mudah-mudahan kita bisa mencapai tujuan perusahaan dan mempertahankan lebih banyak current customer.
agar mencapai tujuan yang diinginkan.

Sekian Sharing malam ini.
Semoga Bermanfaat :pray:

Tidak ada komentar untuk "Sharing Strategi Customer Retention Untuk Milenial"